Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha TMAX DX 2023

Harga Yamaha TMAX - Yamaha merupakan pabrikan raksasa yang sudah menelurkan banyak sekali produk sepeda motor. Salah satunya adalah dalam segmen motor matic / scooter. Nah disegmen motor matic, pabrikan berlambang garputala ini memiliki sederetan motor. Yang mana sudah dijual dan jadi pilihan masyarakat dunia saat ini.

Diantaranya yang paling terkenal adalah keluarga Max Series. Sepeda motor yang masuk dalam Max series tak perlu diragukan lagi kualitas dan kuantitasnya. Karena di beberapa negara di dunia, model ini sudah sangat laris sekali. Dan karena hal ini maka model ini menjadi salah satu matic andalan dari pabrikan Yamaha.

Sejak awal kemunculan keluarga Max Series, terhitung sudah lahir beberapa matic yang sangat menarik. Salah satu diantaranya adalah Yamaha TMax. Motor ini bukan matic biasa namun istimewa karena masuk dalam jajaran Maxi Scooter Premium. TMAX menjadi anggota keluarga Max Series sampai detik ini bersama dengan yang lainnya seperti XMAX 125, XMAX 250, Yamaha XMAX 300 dan Yamaha XMAX 400.

Sama dengan anggota Max Series lainnya, Yamaha TMAX juga dijual kebeberapa negera. Sebagai produk global, maxi scooter ini di pasarkan ke negara yang di rasa memiliki prospek yang cenderung menguntungkan. Motor ini bisa laris manis dan menjadi salah satu yang di idolakan. Dan yang sangat membahagiakan adalah indonesia masuk dalam negara yang sesuai dengan kategori tadi. Dengan artian, maxi scooter ini juga masuk ke indonesia.

Yamaha TMAX di bawa masuk ke tanah air oleh PT Yamaha Motor Manufacturing selaku ATPM resmi. Yamaha Motor Indonesia memasukkan motor maxi scooter ini dalam kelompok motor CBU, bersama dengan motor CBU Yamaha lainnya seperti Yamaha MT 09, MT 09 Tracer, Yamaha Grand Filano, Yamaha R1 dan Yamaha R6. Kenapa CBU? ya karena memang motor ini di impor secara utuh ke indonesia.


Yamaha TMAX sendiri diluncurkan oleh Yamaha Motor Indonesia sekitar akhir tahun 2013 lalu. Menjadi salah satu koleksi maxi scooter premium Yamaha serta jadi pilihan baru bagi masyarakat indonesia yang menginginkan sensasi berkendara bersama dengan motor scooter yang beda dari yang biasanya. Di tanah air Yamaha TMAX yang datang merupakan penerus dari model sebelumnya.

Berbeda dengan motor pendahulunya yang berkapasitas mesin 500 cc, Yamaha TMAX indonesia yang baru ini jauh lebih ramping dan memiliki kestabilan serta  handling yang lebih baik. Skuter matic ini juga telah disematkan teknologi Belt Drive  yang bisa mengirimkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke roda belakang dengan lebih optimal.

Yamaha TMAX kalau di indonesia itu sobat yakni dengan BMW C 650. Untuk selengkapnya berikut review mengenai spesifikasi dan harga yamaha tmax ala motorcomcom buat kalian semuanya.

Warna Pilihan

Sebelum masuk ke review Yamaha TMAX baik untuk spesifikasi dan harga, kita lihat dulu penampakan dari maxi scooter ini. Untuk pasar indonesia Yamaha TMAX dijual oleh PT Yamaha Motor manufacturing dengan 2 pilihan warna saja. Warna pilihan Yamaha TMAX meliputi Warna pilihan Yamaha T max ada 2 yakni Tech Graphite dan Competition White.

Harga Yamaha TMAX
Yamaha TMAX Tech Graphite

Harga Yamaha TMAX
Yamaha TMAX Competition White
Sumber Gambar : http://www.yamaha-motor.eu/


Desain

Pertama menegok ke desain, Yamaha TMAX ini bisa dikatakan memang sangat bagus dan keren meskipun sejatinya ini merupakan motor matic scooter. Penampakannya modern dan juga futuristik. Garis desainnya menawan dan elegan, pantaslah rasanya jika motor ini masuk dalam daftar motor matic terbaik dunia.

Harga Yamaha TMAX
Tampak Depan Yamaha TMAX


Yamaha TMAX memiliki ukuran tubuh yang cenderung bongsor. Panjang tubuhnya mencapai 2200 mm, lebarnya 775 mm dan memiliki tinggi 1420 mm sampai 1475 mm ( windshield yang bisa disesuaikan ). Tinggi tempat duduk maxi scooter ini sampai 800 mm. Terbilang tinggi juga. Tapi ini wajar saja karena motor ini tiu motor global dan memiliki standar postur tubuh orang luar negeri yang tinggi.

Wajah maxi scooter ini termasuk tampan juga. Headlampnya sangat sporty dengan guratan tajam dan ada lampu depan ganda dengan bentuk unik seperti tatapan mata yang tajam. Windshield sang pelindung angin tak terlalu lebar dan bisa di adjust sesuai kebutuhan. Lampu sein terpisah sehingga tampak modern.

Untuk sektor ergonomi termasuk nyaman. Karena saat naik, pengendara disuguhkan dengan stang kemudi yang pas ditangan serta ada jok tebal, empuk nan lebar serta ditambah dengan pijakan kaki yang luas dan lapang. Jok yang diusung Yamaha TMAX istimewa karena terbagi 2 antara pembonceng dan pengendara. Rider dan pembonceng punya bagian sendiri sehingga lebih leluasa.


Harga Yamaha TMAX
Tampak Belakang Yamaha TMAX

Kebagian belakang, ada stoplamp keren dengan desain yang tajam. Emblem 3D TMAX tampak serasi dengan desain stoplampnya. Lalu bagian Stoplamp dan lampu sein sudah terpisah sobat.  Kemudian untuk spakbornya ramping dan terlihat keren karena dibuat berlubang lubang. Knalpotnya sporty dengan posisi ke atas.

Rangka dan Kaki

Yamaha TMAX di buat dengan rangka yang kuat. Maxi scooter ini di bangun dengan Die-cast Alumunium Frame terbaru rancangan Yamaha. Dengan rangka ini memungkinan motor ini menjadi kokoh serta punya kestabilan yang mengagumkan bahkan saat kecepatan yang tinggi. Rangka sendiri mencengkeram dengan kuat mesin yang digunakan. Dengan mengutamakan sentralisasi massa demi handling yang sempurna.


Untuk menunjang sektor depan, ada suspensi teleskopik travel 120 mm dan ada pula suspensi monoshock yang terhubung dengan swingarm besar nan sporty. Kaki Yamaha TMAX cenderung istimewa dengan pelek cast wheel 5 palang yang dibungkus dengan ban tubeless. Ban depan ukuran 120/70-15 dan ban belakang ukuran 160/60-15.

Sebagai penghenti laju, Yamaha TMAX dipersenjatai pabrikan garputala dengan rem cakram depan tunggal berdiameter 267 mm dan rem cakram belakang berdiamer 282 mm. Tak cuma mengandalkan rem cakram saja, maxi scooter sporty ini juga dilengkapi dengan teknologi Anti Lock Braking System ( ABS ).

Performa Mesin

Yamaha TMAX ini adalah sporty scooter yang berada dikelas premium dengan  mesin berkapasitas 530 cc, Teknologi DOHC, 4 tak, 2 silinder dengan 4 katup dengan sistem pendinginan berupa cairan ( radiator ). Menggunakan mesin dengan ukuran bore dan stroke masing masing 68,0 mm x 73,0 mm.

Spesifikasi Yamaha TMAX
Tampak Samping Yamaha TMAX

Skuter matic ini sendiri dengan mesin 2 silindernya di atas kertas mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 34.2 kW di putaran 6.750 rpm sedangkan torsi maksumalnya mencapai 52,3 Nm di putaran 5.250 rpm. Dengan mengandalkan sistem transmisi V belt otomatis, top speed Yamaha TMAX sendiri mencapai sekitar 187 km/jam. Hal ini wajar juga sih sobat mengingat TMAX lahir dengan menggabungkan kenyamanan dan kecepatan.

Maxi scooter ini menggunakan teknologi Fuel Injection di dalam mesin 2 silinder nya. Untuk konsumsi bahan bakar cenderung efisien untuk motor sekelasnya. Konsumsi BBM Yamaha TMAX 530 sekitar 5 liter per 100 km. Atau sekitar 20 km/liter. Untuk menyalakan mesin, motor ini menggunakan elektrik starter.

Fitur Unggulan dan Kelemahan
Fitur Yamaha TMAX
Fitur Yamaha TMAX

Menariknya lagi yamaha t max ini merupakan motor matic berkapasitas mesin terbesar di indonesia lho, hebat sekali bukan? .Konsep utama dari motor ini adalah sport scooter ( perpanduan dari sensasi mesin sport yang bertenaga tinggi dengan kemewahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh motor matic).

Fitur atau kelebihan dari motor Yamaha TMAX antara lain :
  • dilengkapi dengan lampu ganda di bagian depan ( Double Proyector Headlamp ) yang membuat pencahayaan lebih cerah daan merata.
  • dipersenjatai dengan fitur periasi angin ( Wind Shield ) yang futuristik dengan 2 posisi yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan pengendaranya.
  • mempunyai jok tempat penyimpanan ( bagasi ) yang luas sehingga pengendara bisa menyimpan barang -barang pentingnya ketika melakukan perjalanan. Selain itu motor ini juga memiliki inner pocket dibagian depan yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil seperti hp dll.
  • memiliki tempat duduk tipe dual set yang bisa diatur maju dan juga mundur tergantung keinginan dari pengendara.
  • memiliki fitur Smart Stand Switch buat keamanan.
  • dipersenjatai dengan teknologi mutakhir terkini yaitu Belt Drive.
  • memiliki kapasitas penyimpanan bahan bakar yang besar yaitu 15 liter, sehingga pengendara tidak perlu sering berhenti untuk melakukan pengisian bahan bakar ketika melakukan perjalanan yang jauh. Selain itu, tempat pengisian bahan bakar yang terletak di bagian depan juga semakin mempermudah pengendara.
Meskipun memiliki segudang keunggulan, namun nyatanya skuter matic premium yamaha ini juga memiliki berbagai kekurangan lho, diantaranya yakni:
  • Motor matic ini mengusung body yang terlalu lebar dan besar, sehingga agak sulit dibuat nyelap-nyelip apalagi saat berkendara di jalanan perkotaan yang padat.
  • Sparepart dan suku cadang yang masih jarang dan harga yang dibanderol lumayan mahal.
  • Pilihan warna yang sangat sedikit yakni hanya hitam dan juga putih.

Spesifikasi Yamaha TMAX:

  1. MESIN
  • Menggunakan tipe mesin Forward cenderung paralel 2-silinder, pendingin cairan , 4-stroke, DOHC dengan 4-katup.
  • Kapasitas  : 530.0cc .
  • Rasio kompresi adalah 10:09: 1.
  • Daya maksimum : 34.2 kW / 6.750 rpm.
  • Maksimum torsi  : 52,3 Nm / 5.250 rpm.
  • Sistem transmisi adalah V-Belt Otomatis.
  • menggunakan Sistem Starter Listrik.
  • Sistem pengapian yang dipakai oleh adalah TCI.
  • Sistem pelumasan adalah tipe kering.
  • Sistem bahan bakar adalah Fuel Injection.
  • Bore x Stroke berukuran 68,0 mm x 73,0 mm.
     2. RANGKA
  • Sistem suspensi depan adalah Teleskopik garpu.
  • Front travel berukuran 120 mm.
  • Sistem suspensi belakang adalah Swing arm.
  • Rear travel yang digunakan berukuran 116 mm.
  • Rem depan adalah cakram ganda hidrolik yang berukuran  267 mm.
  • Bagian belakang  menggunakan rem hidrolik single disc yang berukuran  282 mm.
  • Ban depan berukuran 120/70-15 , sedangkan 
  • Ban belakang berukuran 160/60-15.
      3.DIMENSI
  • Kapasitas tangki bahan bakar sanggup tampung adalah hingga 15,0 liter.
  • Tinggi tempat duduk  adalah 800 mm.
  • Minimum Ground Clearance  : 125 mm.
  • Berat basah  : 217 kg / ABS 221 kg.
  • Secara keseluruhan panjang  ini adalah 2.200 mm.
  • Secara keseluruhan lebar  ini adalah 775 mm.
  • Tinggi total mencapai 1,420-1,475 mm.
  • Wheelbase mencapai 1.580 mm.

Harga Yamaha TMAX DX 2023:

  • Harga Yamaha TMAX DX Baru       - Rp. 320.000.000 ( OTR Jakarta )
  • Harga Yamaha TMAX Bekas            - Rp. 

Demikian informasi singkat mengenai Spesifikasi dan Harga Yamaha TMAX DX terbaru di indonesia. Seperti yang bisa kalian lihat sobat, maxi scooter ini dibanderol dengan harga yang lumayan mahal yakni mencapai 200 jutaan. Namun semunya itu wajar karena statusnya CBU plus memiliki berbagai fitur matic kelas premium.

Menarik bukan sobat otomotif?, hmm.. kalau begitu jangan lupa juga untuk membaca artikel yang sama menariknya dengan yang ini di http://motorcomcom.blogspot.com.Seperti contohnya artikel berikut ini :