Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Kawasaki Ninja ZX10R 2023

Harga Kawasaki Ninja ZX10R - sejatinya merupakan penerus dari motor super sport kawasaki ZX-9R. Motor ini bisa di sebut-sebut sebagai salah satu motor supersport terbaik milik kawasaki dari klan ninja. Mengapa tidak? selain tampilannya yang ala motor balap, si ninja ini juga memiliki beragam fitur dan teknologi canggih saat ini.

Menariknya lagi, super sport ini sering di ikutkan dalam ajang balap dunia, World Superbike. Bahkan hebatnya lagi, ZX10R ini pernah menyabet sebuah penghargaan sebagai Best Superbike pada tahun 2004 dan 2005 oleh sebuah majalah ternama ( Cycle World Magazine ) dan dari ajang International Bike Competition.

Jadi tak mengherankan memang, jika si ninja ini di daulat sebagai salah satu motor ninja yang paling terkenal dan populer di dunia saat ini. Sejak diluncurkan pada tahun 2004 hingga sekarang, ZX10R ini telah mengalami berbagai perubahan dan perkembangan. Tapi model paling terbaru saat ini ialah keluaran tahun 2015.  Lantas bagaimana fitur utama dari model paling anyar kawasaki ninja ZX10R ini?.

Melihat tampilannya, superbike kawasaki ini masih menggunakan konsep yang kental ala motor balap ( racy ) dengan konsep body yang menggunakan full fairing, headlamp dengan windshield dan juga bagian belakang model meruncing. Menariknya, tail lamp yang digunakan di belakang telah menggunakan jenis LED dengan 9 bola lampu sehingga pencahayaan di sektor belakang lebih maksimal.

Motor Kawasaki Ninja ZX10R ini di bangun dengan rangka model jenis delta box berbahan alumunium alloy yang disusun dengan 7 sambungan. Alumunium alloy di pilih karena bahan tersebut tidak hanya kokoh dan kuat, tapi juga ringan sehingga bobot motor bisa lebih di efisienkan dan kontrol / pengendalian motorpun menjadi lebih mudahbahkan saat menikung. Menariknya, bahan tersebut pun ternyata tidak hanya di gunakan pada bagian rangka tapi juga pada bagian lain seperti pada Velg ( Cast Alumunium Wheel ) dan juga pada Swing Arm .

Tidak hanya konstruksi body nya saja yang kokoh, tapi tingkat ergonomi dari si Kawasaki Ninja ZX10R ini juga terbilang nyaman. Motor ini hanya memiliki tinggi jok 813 mm saja sehingga bisa dengan mudah untuk di naiki. Lalu desain dari tangki motornya yang sanggup menampung 17 liter bahan bakar, di buat dengan sudut yang pas sehingga kaki dan tangan pengendara bisa menempel ke body motor dengan baik saat berkendara. Selain itu jok motor juga dibuat tidak terlalu keras sehingga pengendara bisa nyaman selama berkendara dengan superbike ini.

Suspensi yang di gunakan ZX10R pun juga ikut andil besar dalam memberikan kenyamanan saat berkendara. Suspensi bagian depan motor menggunakan jenis suspensi garpu terbalik ( inverted fork ) berdiameter 43 mm dari showa ( BPF / Big Piston Front Fork ) dan bagian belakang menggunakan jenis horisontal back-link dengan gas -charged shock. Hebatnya, kedua suspensi tersebut bisa diatur kenyamanannya sesuai dengan kebutuhan si pengendara. Untuk suspensi depan bisa diatur 3 setelan, sedangkan untuk belakang bisa diatur tingkat kenyamanannya hingga 4 setelan.

Tidak sampai disitu saja, kawasaki juga memberikan superbike Kawasaki Ninja Zx10R nya ini dengan teknologi Electronic Steering Damper hasil kerjasamanya dengan perusahaan spart asal amerika " Ohlins ". Teknologi tersebut memiliki fungsi utama yakni untuk mengatur peredaman sehingga meningkatkan stabilitas motor.

Saat motor dalam kecepatan rendah, teknologi ini akan membuat peredaman tidak terlalu tinggi sehingga pengendalian lebih nyaman. Sebaliknya, jika dalam kecepatan tinggi , maka tingkat peredaman akan tinggi pula sehingga motor bisa tetap stabil dan pengendara pun bisa dengan mudah mengendalikan motor.

Warna pilihan untuk superbike Kawasaki Ninja ZX10R model 2015 di indonesia versi standart ada 1 yakni Metallic Carbon Gray / Flat Ebony. Sedangkan untuk edisi spesial terdapat 1 warna saja yakni Lime Green / Pearl Stardust White yang dibuat untuk memperingati hari jadi ke 30 tahun kawasaki ninja ( 30th Anniversary Edition ).

Harga Kawasaki Ninja ZX10R
Kawasaki Ninja ZX10R

Kawasaki Ninja ZX10R 2015 ini mengusung mesin yang berkapasitas 988 cc, 4 Tak, 16 Katup, 6 kecepatan, DOHC ( Double Overhead Camshaft ) dengan sistem pendinginan berupa cairan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 147,1 kW ( 200PS ) / 13000 rpm ( Dengan RAM Air mencapai  154,4 kW ( 209,9 PS ) / 13000 rpm ) dan torsi maksimumnya hingga 112 Nm ( 11.4 kgf.m ) / 11500 rpm.

Mesin tersebut memakai sistem pengapian jenis digital TCBI dan juga Sport-Kawasaki Traction Control ( S-KTRC ). Selain itu, mesin tersebut juga telah memakai sistem ECU ( Electronic Control Unit ) sehingga performa yang di hasilkan bisa menjadi lebih optimal.

Dengan berbagai teknologi yang ada pada mesinnya, ninja zx10r ini memiliki tingkat akselerasi yang tinggi. Untuk akselerasi dari 0 - 97 km/jam, superbike ini hanya membutuhkan waktu 2,9 detik saja. Sedangkan untuk top speed / kecepatan maksimalnya motor ninja ini mampu melaju hingga kecepatan sekitar 300 km/jam.

Mesin yang digunakan, juga telah mengusung teknologi bahan bakar canggih Fuel Injection. Alhasil menjadikan konsumsi bahan bakar ZX10R ini tidak terlalu boros yakni sekitar 6,4 liter/100 km. Selain itu berkat teknologi injeksi ini gas buang atau emisi yang dikeluarkan bersih dan ramah lingkungan serta telah lulus uji emisi EURO3.

Untuk menghentikan laju motor, ninja ini di bekali dengan rem cakram ganda 4 kaliber piston berukuran 310 mm di bagian depan dan rem cakram tunggal 1 kaliber piston yang berukuran 220 mm di bagian belakang dari Tokico. Rem tersebut juga telah memakai teknologi pengereman ABS yakni KIBS ( Kawasaki Intelligent Anti-Lock Brake System ) yang dikembangkan oleh pihak kawasaki sendiri sehingga pengereman menjadi lebih optimal. Kekuatan KIBS tersebut pun bisa di lihat dari daya pengereman ZX10R dari kecepatan 97 km - 0 km cuma membutuhkan jarak 37 meter.

Baca juga  Harga Kawasaki ZX10R 2016

Fitur lain yang ada pada kawasaki ninja zx10r diantaranya adalah Power Mode. Fitur ini sebenarnya berguna untuk menyesuaikan tenaga yang dikeluarkan sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi di jalanan. Fitur power modes ini memiliki 3 pilihan yakni Full, Middle dan Low.  
Full memungkinkan tenaga mesin dikeluarkan semaksimal mungkin dan ini cocok untuk balapan. Middle memungkinkan tenaga mesin tidak terlalu tinggi, ini cocok untuk berkendara di jalan raya. Lalu Low memungkinkan tenaga mesin dibatasi sekitar 60 % dan cocok saat menghadapi jalan yang licin.

Kemudian ninja zx10r ini juga di bekali dengan tampilan instrumen spedometer yang canggih dan lengkap. Instrument tersebut menampilkan informasi seperti tachometer, odometer, indikator gigi, trip meter, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, S-KTRC, power mode, indikator bahan bakar, indikator kecepatan, indikator lampu, indikator suhu.

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX10R :

  1. DIMENSI
  • Panjang body adalah 2075 mm.
  • Lebarnya mencapai 715 mm.
  • Tinggi hingga 1115 mm.
  • Jarak sumbu antar kedua roda adalah 1425 mm.
  • Jarak terendah ke permukaan tanah yakni 135 mm.
  • Tinggi dari tempat duduknya adalah 813 mm.
  • Berat kosong motor adalah 198 kg untuk varian standar & 201 kg untuk versi ABS.
  • Kapasitas bahan bakarnya hingga sekitar 17 liter.
      2. RANGKA
  • Rangka motor ini jenis deltabox yang dibuat dengan bahan alumunium yang kuat dan ringan ( Twin Spar - Cast Alumunium ).
  • Sudut kemudi kiri & kanan adalah 27 derajat.
  • Suspensi bagian depan menggunakan jenis garpu terbalik ( inverted fork ) berdiameter 43 mm yang bisa diatur kenyamanannya hingga 3 setelan, sedangkan untuk bagian belakang menggunakan jenis horisontal back-link dengan gas -charged shock yang bisa diatur tingkat kenyamanannya hingga 4 setelan.
  • Ban depan yang dimiliki berukuran 120/70ZR17M/C ( 58W ) sedangkan untuk ban belakang berukuran 190/55ZR17M/C ( 75W ).
  • Rem depan menggunakan cakram ganda 4 kaliber piiston berukuran 310 mm , sedangkan rem belakang menggunakan cakram tunggal 1 kaliber piston yang berukuran 220 mm.
      3. MESIN
  • Menggunakan mesin berkapasitas 988 cc, 4 Tak, 16 Katup, 6 kecepatan, DOHC ( Double Overhead Camshaft ) dengan sistem pendinginan berupa cairan.
  • Diameter x Langkahnya yaitu 76 mm x 55 mm.
  • Rasio komprehensi mesinnya yakni 13 : 1.
  • Pengapiannya jenis digital dengan sistem bahan bakar Fuel Injection ( φ47 mm x 4 ( Keihin ) ).
  • Menyalakan mesin hanya dengan menggunakan satu cara yakni Electric.
  • Daya maksimum yang sanggup dihasilkan yakni mencapai 147,1 kW ( 200PS ) / 13000 rpm ( Dengan RAM Air mencapai  154,4 kW ( 209,9 PS ) / 13000 rpm ). Sedangkan untuk torsi maksimumnya mencapai hingga 112 Nm ( 11.4 kgf.m ) / 11500 rpm.

Harga Kawasaki Ninja ZX10R 2023 :

  1. Harga Baru
  • Harga Kawasaki Ninja ZX-10R Baru                 Rp 549.000.000 
      2. Harga Bekas / Second
  • Tahun 2015            Rp. 325.000.000 - 335.350.000
Bagaimana? cukup menarikkan artikel singkat yang membahas spesifikasi dan harga kawasaki ninja zx10r ini. Ayo baca juga artikel menarik lainnya yang ada di situs motorcomcom ini seperti contohnya tentang :