Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Kawasaki Ninja 650 Terbaru 2023

Harga Kawasaki Ninja 650 - Apa kabar semua, pada kesempatan kali ini kita akan mengenal lebih dekat dengan salah satu motor andalan milik pabrikan kawasaki di indonesia yakni kawasaki ninja 650. Perlu anda semua ketahui, jika motor ini sejatinya merupakan motor versi fairing dari motor street fighter kawasaki yaitu Kawasaki ER6N.

Untuk pilihan warnanya, di indonesia sendiri Kawasaki Ninja 650 tersedia dalam 3 warna pilihan yaitu Hijau ( Green ), Biru ( Blue ) dan terakhir Putih ( White ). Baiklah agar tak membuat anda menjadi terlalu penasaran, simak ulasannya berikut ini.

Tampilan

Baiklah, kita mulai dari tampilannya. Si kawasaki ninja 650 / ER-6F ini terlihat keren dan sporty. Meskipun terkesan bulat, tapi desainnya sangat aerodinamis layaknya moge-moge milik kawasaki pada umumnya. Boleh dibilang sedap untuk dipandang mata ( Eye catching ).

Mulai dari depan, ada headlamp multireflector dengan 2 lampu berdesain tajam buat sektor penerangan depan. Ada wind shield berupa kaca dengan ukuran cukup besar yang bisa di ubah tinggi rendahnya bahkan tanpa menggunakan alat alias pakai tangan saja, hingga 3 posisi. Kemudian terlihat juga spion bergaya sporty dengan desain tajam di bagian ujungnya yang menjadi satu dengan headlamp. Dimana hal itu semakin menambah kental aura futuristik pada motor ini.

Diheadlamp tersebut terpasang juga sebuah instrumen modern dengan kombinasi antara analog dan digital. Bagian yang menggunakan analog ialah pada indikator tachometer. Sedangkan kalau yang digital mencakup indikator kecepatan, bahan bakar, jam, odometer dan dual trip meter.

Selanjutnya ada stang berjenis Cruiser Handle Bar yang dipakai untuk mengendalikan motor. Pada stang tersebut terdapat beberapa tombol.. Di bagian kanan terdapat tombol Engine Cut Off dan Electric Starter. Lalu untuk bagian kiri terdapat tombol lampu dekat-jauh, sein, klakson

Lanjut ke belakang, ada tangki besar yang disinyalir bisa menampung bahan bakar sebanyak 16 liter. kemudian ada fairing berdesain tajam dengan lubang di bagian tengah sebagai sistem aliran udara pendingin ke bagian mesin. Pada fairing inilah letak dari pada lampu senja ( sein ) yang dimiliki oleh motor kawasaki ini.

Semakin ke belakang terdapat jok atau tempat duduk jenis dual split ( ganda ) dengan desain ala motor sport yang empuk dan nyaman. Lalu ada suspensi jenis monoshock, knalpot dengan ukuran yang pendek dan terakhir dibagian belakang terdapat lampu sein & stoplamp yang telah mengusung lampu jenis LED.

Ergonomi

Meskipun pada kenyataannya motor ini terbilang cukup tinggi untuk dikendarai yakni dengan tinggi tempat duduk mencapai 805 mm. Tapi dari sisi ergonomi bisa dibilang sangat nyaman. Stang yang dimiliki terasa lebar dan posisinya lebih tinggi dari tangki motor. Jok rendah ala motor balap dan pijakan kaki terletak berada lurus di bawah tempat duduk.  Dimana ini akan membuat riding position si pengendara menjadi tegak selama berkendara. Dan itu akan membuat pengendara tidak cepat capek dan pegal selama mengendarai motor ini dalam kurun waktu yang relatif lama. Kalau boleh dibilang sih, motor ini sangat cocok bagi anda yang ingin berkendara jauh ataupun touring.

Handling

Untuk urusan handling, bisa dibilang tidak terlalu gesit dalam artian jika digunakan untuk balapan. Tapi, jika dipakai untuk harian misalkan untuk menikung dijalanan perkotaan terbilang lumayan gesit lah.  Penyebab hal itu sebenarnya mudah saja yakni dikarenakan ukurannya yang besar serta berat dari kawasaki ninja 650 ini yang mencapai 209 kg. Ya kalau ingin digunakan untuk balapan sih bisa saja,  tapi tentunya juga harus di imbangi dengan dengan usaha yang lebih ekstra, mengingat ukuran dan beratnya seperti itu.

Harga Kawasaki Ninja 650
Ilustrasi Kawasaki Ninja 650

Mesin

Melihat ke sektor dapur pacunya, kawasaki ninja 650 ini dibekali dengan mesin yang berkapasitas 649 cc,  4-Tak, 4-Katup, DOHC ( Double Over Head Camshaft ), Parallel Twin, 6-kecepatan dengan sistem pendinginan yang berupa cairan ( Liquid Cooled ). Mesin tersebut mampu menghasilkan / mengeluarkan tenaga maksimum mencapai 53 kW ( 72 IPS ) / 8500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 64 Nm ( 6.5 kgf.m ) / 7000 rpm. Dengan power / tenaga serta torsi seperti itu, ninja ini bisa berlari cepat hingga kecepatan maksimal  / top speed sekitar 220 km/jam.

Seperti yang kita tahu, semakin cepat sebuah motor dalam melaju tentunya semakin cepat pula dalam penggunaan bahan bakarnya. Ya itu jugalah yang terjadi pada motor kawasaki ninja 650 ini. Meskipun telah memakai teknologi pengefisien ( penghemat ) bahan bakar yakni Fuel Injection. Dan juga telah memakai sistem pengapian elektronik ( TCBI ) namun tingkat konsumsi bahan bakarnya terbilang masih boros yakni 19,5 Km/liternya. Tapi meski begitu, motor ini masih terbilang ramah lingkungan dengan emisi yang bersih dan tergolong rendah. Bahkan telah lulus dalam uji emisi EURO III.

Pengereman

Lanjut ke bagian terpenting buat pengendara yakni sektor pengereman. Sama dengan moge-moge lainnya, si kawasaki ninja 650 ini dipersenjatai dengan rem cakram tipe ganda dibagian depan dan cakram tunggal dibagian belakang. Cakram depannya sendiri memakai 2 kaliber piston dan memiliki ukuran yang cukup besar yakni berdiameter 300 mm. Kalau yang belakang cakram nya memakai 1 kaliber piston dengan ukuran lebih kecil yakni berdiameter 200 mm. Kedua rem tersebut melekat kuat pada velg cast wheel 6 jari yang berdesain sporty.

Untuk ban yang digunakan, sama-sama memakai ban tipe tubeless jenis Dunlop Roadsmart II. Dimana untuk ban depan berukuran 120/70ZR17M/C ( 58W ) sedangkan belakang berukuran lebih besar yakni 160/60ZR17M/C ( 69W ).

Untuk masalah harga nya di indonesia, motor kawasaki ninja 650 ini dibanderol dengan harga yang relatif tinggi. Harga tersebut lebih tinggi ketimbang harga motor-motor kawasaki lainnya seperti ninja 150RR, 250 FI, 300, Z250. Bahkan harga tersebut lebih tinggi dari pada versi street fighter nya yakni ER-6N. Untuk tahu lebih lanjut anda bisa melihatnya sendiri di bawah ini.

Spesifikasi Kawasaki Ninja 650 :

  1. DIMENSI
  • Panjang nya adalah 2100 mm.
  • Lebar 770 mm
  • Tinggi mencapai 1180 mm.
  • Jarak poros antar kedua roda yaitu 1410 mm.
  • Jarak terendah ke permukaan tanah ialah 130 mm.
  • Tinggi tempat duduk alias jok yakni 805 mm.
  • Berat dari motor ini ialah 209 mm.
  • Kapasitas bahan bakar / bensin adalah 16 liter.
     2. RANGKA
  • Dibuat dengan menggunakan rangka tipe "Twin-Tube Perimeter Design " dengan bahan baja dengan daya lentur atau renggang yang tinggi.
  • Suspensi dengan memakai tipe Teleskopik hidrolic 41 mm, sedangkan suspensi belakang memakai Monoshock dengan peredam getaran.
  • Rem depan menggunakan cakram ganda 2 kaliber piston berdiameter 300 mm, sedang untuk belakang menggunakan rem cakram tunggal 1 kaliber piston berdiameter 200 mm.
  • Ukuran ban roda depan adalah 120/70ZR17M/C ( 58W ) & ukuran ban roda belakang ialah 160/60ZR17M/C ( 69W ).
     3. MESIN
  •  Mengandalkan mesin berkapasitas 649 cc, 4-Tak, 4-Katup, DOHC ( Double Over Head Camshaft ), Parallel Twin, 6-kecepatan dengan sistem pendinginan berupa cairan ( Liquid Cooled ).
  • Diameter x langkah mesin yakni 83 mm x 60 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasio mesinnya adalah 10,8 : 1.
  • Sistem bahan bakar Fuel Injeksi 2 x 38 mm Keihin Throttle Bodies.
  • Tenaga maksimum ( Max Power ) mencapai 53 kW ( 72 IPS ) / 8500 rpm dengan torsi maksimum ( Max Torque ) mencapai 64 Nm ( 6.5 kgf.m ) / 7000 rpm.
  • Sistem pengapian dikendalikan dengan TCBI dengan advance elektronik.

Harga Kawasaki Ninja 650 2023:

  1. Harga Baru
  • Harga Kawasaki Ninja 650                  Rp 111.400.000
  • Harga Kawasaki Ninja 650 ABS         Rp 155.400.000
      2. Harga Bekas / Second
  • Tahun 2011                                          Rp. 80.000.000
  • Tahun 2012                                          Rp. 82.500.000
  • Tahun 2013                                          Rp. 85.000.000
  • Tahun 2014                                          Rp. 89.000.000
  • Tahun 2015                                          Rp. 110.000.000
Ya itulah artikel mengenai harga salah satu motor kawasaki yaitu ninja 650. Jangan lah lupa untuk membaca artikel menarik lainnya tentang:
Terima kasih banyak dan sampai jumpa lagi ya.