Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Suzuki GSX R750 Terbaru 2023

Harga Suzuki GSX R750 - Seperti yang kita ketahui bersama klan GSX-R asal pabrikan suzuki itu sudah dikenal dan cuma memiliki beberapa anggota saja. Nah salah satu anggotanya yang sudah cukup terkenal hingga saat sekarang ini ialah GSX-R750.

Bicara mengenai Suzuki GSX-R750 ini, motor ini sendiri pertama kali muncul di dunia otomotif sekitar tahun 1985 silam teman. Ya memang sudah lama teman, ya sekitar 31-an lah umur si kuda besi ini jika dirunut hingga tahun 2016 sekarang. Kemunculannya sendiri pertama kali di Cologne Motorcycle Show.

Ok, di tahun 1985 inilah, awal dimana GSX-750 menjadi salah satu sportsport yang diakui alias tak dipandang sebelah mata oleh para pecinta otomotif diseluruh dunia, akan performa mesin serta ketangguhan yang dipunyainya. Apalagi setelah si motor sportsport ini sukses menyabet gelar juara di Le Mans 24-Hour World Endurance Championship.
Harga Suzuki GSX R750
Suzuki GSX R750
Suzuki pernah keluar dari Motogp dan baru kembali pada tahun 2015 kemarin.  Nah di saat kembali itu lah, pihak Suzuki melakukan semacam peranyaan salah satunya dengan memberikan striping baru pada sepeda motor-motor sportsport andalannya, salah satu yang terkena dampaknya adalah GSX R750. Tampil dengan warna biru khas Suzuki, GSX R750 menjadi salah satu bukti semangat Suzuki untuk kembali ke arena balap.

Baca juga Harga Suzuki GSX R150

Selama 31 tahun berkiprah di dunia otomotif, sportsport GSX-R750 ini telah mendapatkan berbagai revisi oleh suzuki dari waktu ke waktu. Baik itu dari mesin, frame, bahkan dari untuk desain. Untuk keluaran terbaru adalah keluaran tahun 2016 yang mana punya kode model GSX-R750L6 yang diklaim memiliki berat 9 kg lebih ringan dari keluaran sebelum-sebelumnya.

Sejak akhir tahun 90 an hingga sekarang, sportsport ini telah membagikan dna nya kepada sang adik yang tak lain adalah GSX R600 yang lahir tahun 1992. Bahkan jika diperhatikan antara keduanya itu boleh dikatakan begitu identik alias mirip sekali teman, utamanya dalam hal bentuk dan desainnya.

Kalau ditanya apa bedanya? ya jadi pembeda hanyalah pada sektor tenaga atau mesin yang mana punyanya GSXR750 lebih bertenaga & berkapasitas besar daripada milik sang adik.

Di dunia otomotif,  Suzuki GSX R 750 bersaing dengan para kompetitornya diantaranya kawasaki ninja zx 6r , yamaha yzf r6, ducati panigale 899, honda cbr600r serta mv agusta f3 800. Untuk warna pilihannya sendiri ada 2 yakni biru (metallic triton blue) dan hitam (black / matte black ).

Harga Suzuki GSX R750
Suzuki GSX R750 Biru
Harga Suzuki GSX R750
Suzuki GSX R750 Hitam
Bicara soal desain, motor GSX R750 ini pastinya keren dan penampilannya bak motor balap. Namun ya boleh dikatakan kurang istimewa juga. Mengingat model nya itu mirip sama klan GSX-R yang lain seperti GSX R600 dan GSX R1000.

Untuk sektor aerodinamika, tak perlu diragukan lagi karena pihak suzuki sudah memikirkan dengan baik di GSX R750 ini. Bentuk headlamp, fairing serta bagian-bagian lainnya dirancang khusus untuk mampu melancarkan aliran udara sehingga motor sportsport ini bisa berlari dengan maksimal di jalanan.

Motor sportsport Suzuki GSX R750 ini memiliki ergonomi yang nyaman namun tentunya tak cocok untuk harian karena cenderung merunduk layaknya naik motor balap. Jok nya tipe dual seat dimana terpisah antara pengendara dan pembonceng. Ketinggian jok mencapai 810 mm, ya lumayan mudah lah untuk dinaiki. 

Fitur Unggulan Suzuki GSX R750 

- Suspensi depan & belakang dari Showa

Suspensi Suzuki GSX R750
Suzuki GSX R750 di sokong dengan twin spar alumunium cradle frame dengan 5 bagian. Kedua suspensi yang dipakai sportsport ini tetap mengandalkan suspensi besutan Showa baik di depan maupun dibelakang.

Bagian depan pakai Big Piston Fork ( BPF ) 41 mm yang menghasilkan kinerja redaman yang lebih baik dan efektif saat berkendara apalagi saat terjadi pengereman maupun saat bermanuver di tikungan yang tajam. Teknologi canggih Electronically Controlled Steering Damper dengan ECM yang didepanpun semakin menyempurnakan kemampuan pengendalian dari Suzuki GSX R750 ini.

Di belakang pakai single shock dari Showa dengan kemampuan pengaturan redaman serta kompresi sesuai kebutuhan. Di tambah dengan pengaturan ketinggian.

- Mesin 750cc Teknologi Motogp 

Mesin Suzuki GSX R750
Mesin tangguh 4 silinder besutan suzuki menjadi senjata utama motor sportsport ini. Berulang mendapat revisi akhirnya yang paling baru GSX R750 pakai mesin 750cc, DOHC, 4 Stroke, berpendingin cairan. Karakter mesinnya oversquare dengan perbedaan bore dan stroke nya masing-masing 70 mm x 48,7 mm dengan perbandingan kompresi rasio 12,5 : 1.

Baca juga Harga Suzuki GSX S150

Teknologi canggih Motogp Suzuki tak lupa dibenamkan pada mesin GSX R750 ini. Forged Piston yang dipakai di desain dengan Finite Element Method ( FEM ) serta teknologi analisis canggih suzuki. Selain itu, sistem pengapian elektoniknya pun juga turut dikembangkan dari teknologi Motogp yang mana mampu menjaga pengapian lebih tepat sesuai dengan kondisi suhu mesin.

Komponen mesinnya pun bukan sembarangan mengingat telah pakai Suzuki Composite Electrochemical Material ( SCEM ) yang mana diklaim mampu mengurangi gesekan, meningkatkan daya tahan, meningkatkan transfer panas.

Power yang dihasilkan kuda besi suzuki ini mencapai 150 Hp ( 110 KW ) / 13200 rpm dengan torsi maksimal 64 lbf ft ( 87 Nm ) / 11200 rpm. Dengan berat bawah 190 kg, mengandalkan transmisi 6 kecepatan dengan teknologi kopling canggih, Suzuki GSX R750 dengan 6 transmisi ini bisa berlari hingga top speed atau kecepatan maksimal mencapai 300 km/jam.

Performa yang tinggi tentu berimbas pada konsumsi bahan bakar yang tinggi pula. Maka untuk itu pihak Suzuki membenamkan teknologi injeksi canggih Suzuki Dual Throttle Valve ( SDTV) dengan 8 buah lubang injector untuk mengatasi hal tersebut. Dengan kapasitas penampungan 17 liter konsumsi bahan bakar GSX R750 ini di rentang 43 mpg.

- Pengereman Brembo dan Nissin  

Rem Suzuki GSX R750
Dibandingkan dengan keluaran tahun sebelum-sebelumnya yang mana mengandalkan pengereman dari pabrikan Tokico, maka GSX R750 model 2016 telah berganti yakni pakai jasa pabrikan Brembo serta Nissin.

Untuk yang Brembo adalah cakram ganda didepan dengan diameter 310 mm, sedangkan untuk yang Nissin berdiameter 220 mm. Dengan ubahan ini tentu saja, jika dibandingkan sama yang model dulu-dulu, model yang sekarang itu punya pengereman yang jauh lebih baik dan unggul & pengendara pun lebih aman rasanya jika pakai tipe baru ini.

Untuk ban yang dipakai masih sama dengan yang lama yakni pakai ban tubeless dengan ukuran depan 120/70ZR17M/C (58W) dan belakang berukuran 180/55ZR17M/C (73W).

- Panel Instrumen Analog + Digital

Panel Instrumen Suzuki GSX R750
Suzuki GSX R 750 ini punya panel instrumen yang diterinspirasi dari panel instrumen GSX R1000. Menarik kan?. Lalu untuk panel instrumennya sendiri terbagi dalam 2 bagian yakni analog dan digital LCD. Instrumen analog itu lebih ke indikator tachometer.

Sedangkan yang digital LCD berisi speedometer, odometer, dual trip meter, reserve trip meter, jam , temperatur suhu / indikator tekanan minyak, lap timer / stopwatch , indikator S-DMS dan indikator posisi gigi.

Untuk indikator tambahan-tambahan ada indikator high beam, netral, level bahan bakar dan indikator injeksi ( FI ).

- Suzuki Drive Mode Selector ( S-DMS)

Suzuki Drive Mode Selector GSX R750
Sumber gambar : ( suzuki )

Fitur ini merupakan perangkat wajib yang mesti ada di klan GSX-R termasuk GSX R750 ini. Namanya Suzuki Drive Mode Selector ( S-DMS). Fitur ini merupakan sistem canggih buat mengatur pengiriman power mesin sesuai dengan kondisi jalan atau medan yang dihadapi. Memungkinkan pengendara berkendara sesuai keinginannya.

Ada 2 buah pilihan A & B. Pilihan A untuk mengatur power mesin agar keluar maksimal dan pilihan ini cocok jika ingin berkendara layaknya pembalap dengan kecepatan tinggi. Kemudian untuk pilihan B untuk mengatur power mesin agar keluar seperlunya ( dibatasi) dan ini cocok untuk berkendara di daerah yang padat , misalkan jalanan perkotaan.

Baca juga Harga Suzuki GSX R250

Kelemahan Suzuki GSX R750

Selain kelebihan dan keunggulan, ternyata suzuki gsx r750 ini punya beberapa kelemahan yang rasanya perlu untuk anda ketahui, diantaranya:
  • Tampilannya itu sama dengan adiknya GSX R600, jadinya ya agak gimana sewaktu membelinya. Pasalnya dengan harga lebih murah kita bisa mendapatkan tampilan yang sama persis. Cuma beda sedikit saja yakni di mesin.
  • Tidak banyak cukup ruang untuk penyimpanan di bawah jok.
  • Tidak cocok untuk perjalanan atau touring. Seperti yang sudah dibilang di atas, ergonomi motor ini cenderung merunduk. Nah jika dipakai touring bisa kebayangkan? tubuh cepat pegal dan capek.

Spesifikasi Suzuki GSX R750:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan 2030 mm.
  • Lebar keseluruhan ialah 710 mm.
  • Tinggi mencapai 1135 mm.
  • Jarak sumbu antar roda 1390 mm.
  • Jarak terendah ketanah 130 mm.
  • Tinggi tempat duduk 810 mm.
  • Berat basah 190 kg.
      2. RANGKA
  • Suspensi depan 41 mm Showa Inverted Big Piston Type Forks (BPF).
  • Suspensi belakang monoshock, link type, Showa Shock, Fully adjustable.
  • Rem depan Cakram ganda radial mount monobloc caliper 310 mm dari Brembo.
  • Rem belakang Cakram tunggal 1 kaliper piston 220 mm dari Nissin.
  • Ban depan berukuran 120/70ZR17M/C (58W) Tubeless.
  • Ban belakang berukuran 180/55ZR17M/C (73W) Tubeless.
  • Kapasitas bahan bakar penuh 17 liter.
      3. MESIN
  • Diplacement 750cc.
  • Tipe 4 Tak, 4 Silinder, DOHC, sistem pendingin cairan (Liquid Cooled).
  • Bore x Stroke : 70 mm x 48,7 mm.
  • Perbandingan kompresi rasio 12,5 : 1.
  • Power yang dihasilkanmencapai 150 Hp ( 110 KW ) / 13200 rpm dengan torsi maksimal 64 lbf ft ( 87 Nm ) / 11200 rpm
  • Sistem bahan bakar : Injeksi ( Fuel Injection System ).
  • Tipe starter : electric.
  • Lubrication atau pelumasan : basah.
  • Sistem pengapian Electronic Ignition (Transistorized).
  • Transmisi 6 kecepatan, constant mesh.
  • Final drive : RK525ROZ5Y, 116 links, chain.

Harga Suzuki GSX R750 2023 :

  •  Harga baru untuk motor sportbike ini $ 12,229 , atau jika di kurs kan ke mata uang rupiah menjadi sekitar Rp 167 juta rupiah. 
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Tentang: