Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha YZF R1M Terbaru 2023

Harga Yamaha YZF-R1M - Setelah diartikel sebelumnya, kita sudah bahas mengenai motor superbike yamaha yzf r1. Kini giliran kita bahas edisi spesial dari motor tersebut yakni YZF R1M. Dan yang menariknya, motor ini juga turut diboyong oleh pihak YMIM ke tanah air di ajang Gakindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada bulan agustus yang lalu dengan 1 pilihan warna yakni silver blue carbon.

Layaknya YZF R1, R1M juga merupakan sepeda motor yang mengadopsi teknologi balap. Lebih tepatnya, superbike ini mengadopsi teknologi dari motor balap utama yamaha di ajang bergengsi Motogp yakni YZF-M1. Yang mana sampai saat ini motor si YZF-M1 ini menjadi kendaraan utamanya para pembalap Motogp yamaha yakni jorge lorenzo serta valentino rossi.

Bicara mengenai R1 dan R1M, sebenarnya kedua motor ini terdapat banyak kesamaan ataupun kemiripan. Contohnya saja rangka yang digunakan untuk membangun motor ini cenderung sama yakni rangka tipe Alumunium Delta Box.

Mesinnya pun sama yakni berkapasitas 998cc,  4 Cylinder, DOHC, 4 Tak, 16 Katup bersistem pendinginan cairan (Liquid Cooled) yang mampu menghasikan power maksimal sebesar 147.1 kW (200 PS) / 13500 rpm dengan torsi maksimal 112.4 Nm (11,5 kgf.m) / 11500 rpm. Dengan transmisi 6 kecepatan, motor ini bisa digeber hingga kecepatan maksimal / top speed dikisaran angka 300 km/jam dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 15 km/liternya.

Bahkan untuk sektor pengeremannya pun cenderung sama saja yakni memakai cakram ganda hidrolik berdiameter 320 mm, 4 kaliper piston di sektor depan & cakram tunggal hidrolik berdiameter 220 mmdi sektor belakang. Dimana kedua rem tersebut sudah mengaplikasikan teknologi Unified Brake System serta ABS (Anti-lock Breaking System.


Namun seperti yang sudah diutarakan diwal tadi bahwa untuk R1M ini cenderung lebih istimewa dan juga spesial dibandingkan dengan R1. Lantas apa istimewanya? Kalau begitu mari kita bahas saja perbedaan yzf r1 dan yzf r1m bersama-sama.

Body Carbon

Keistimewaan pertama dari yamaha YZF R1M ialah bagian bodynya yang dibuat dengan bahan khusus yakni serat karbon (carbon fiber) yang ringan namun memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan dengan fiber biasa.

Serat karbon sendiri di pakaikan pada front fender dan pada bagian sayap ( fairing) serta seat cover. Tak sampai itu saja, biar semakin mewah bagian tangki bahan bakar serta bagian swingarm juga dipoles dan dilapisi dengan cat alumunium dengan kualitas terbaik.

Harga Yamaha YZF R1M
Yamaha YZF R1M
Harga Yamaha YZF R1M
Yamaha YZF R1M
sumber gambar : Yamaha

Suspensi

Keistimewaan berikutnya pada motor super sport ini terletak pada suspensi yang digunakan. Berbeda dengan Yamaha YZF R1 yang menggunakan suspensi KAYABA (KYB), maka untuk Yamaha YZF R1M ini telah mengaplikasikan suspensi kenamaan OHLINS. Lebih tepatnya menggunakan Premium Ohlins Electronic Racing Suspension (ERS). Baik itu untuk area depan maupun area belakang.

Dan tentunya fully adjustable atau bisa disesuaikan kenyamanannya oleh sang pengendara. Dan pemakaian suspensi inilah yang mungkin membuat tinggi tempat duduknya menjadi lebih tinggi dari saudaranya yakni 860 mm.

Ban

Ban yang digunakan juga ternyata berbeda lho teman-teman. Ya, walaupun cuma yang bagian belakangnya saja. Yang dimaksud disini adalah ukuran ban tersebut. Jika yamaha YZF R1 memakai ban belakang ukuran 190/70ZR 17 M/C maka untuk Yamaha YZF R1M memakai ukuran yang berbeda yakni 200/55 ZR17 M/C dari Bridgestone.

Perangkat Electronic

Layaknya YZF R1, R1M juga dilengkapi dengan perangkat elektronik canggih seperti IMU atau Inertial Measurement Unit & ECU (Electronic Control Unit), PWR (Power Delivery Mode), TCS (Traction Control System), SCS (Slide Control System), LIF (Lift Control System), LCS (Launch Control System), QSS (Quick Shift System).

Namun mengingat ini model spesial, maka ada perangkat tambahan untuk motor supersport ini yakni ditambah dengan perangkat yang disebut CCU (Communication Control Unit) serta SCU (Suspension Control Unit).

CCU sendiri merupakan fitur standart R1M. Fitur ini mampu menyimpan berbagai data yang penting bagi pengendara. Seperti data tentang bukaan gas, posisi, lap time, sudut kemiringan, kecepatan dan lain-lain.
 Dan menariknya teman-teman, data tersebut bisa dihubungkan ke perangkat lainnya seperti Smartphone dengan koneksi Wi-Fi, dengan cara mendownload aplikasinya terlebih dahulu yang sudah tersedia baik untuk Android maupun iOS.


Lalu dengan data yang telah diperoleh tersebut, kita bisa mensetting sendiri motor R1M kita baik sesuai dengan settingan standart pabrikan asli nya maupun settingan lainnya sesuai yang diinginkan. Dan nantinya settingan yang sudah jadi bisa di input ke R1M melalui koneksi Wi-Fi.

Sedangkan untuk SCU berfungsi untuk mengatur suspensi Ohlins yang digunakan (baik depan maupun belakang) sesuai dengan kebutuhan pengendara.dengan 3 pengaturan otomatis dan 3 pengaturan manual.

Spesifikasi Yamaha YZF R1M:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan body nya : 2055 mm.
  • Lebar keseluruhannya : 690 mm.
  • Tinggi keseluruhan mencapai : 1150 mm.
  • Tinggi jok atau tempat duduk yakni 860 mm.
  • Jarak sumbu antar kedua roda adalah 1405 mm.
  • Jarak terendah ketanah adalah 130 mm.
  • Berat basah (meliputi oli pelumas dan bahan bakar dalam kondisi penuh) : 200 kg.
  • Kapasitas tangki bahan bakar (full) yakni 17 liter.
  • Kapasitas oli pelumas mesin : 3,9 liter.
      2. RANGKA
  • Dibangun dengan rangka tipe Alumunium Deltabox.
  • Suspensi depan menggunakan Inverted Fork 43 mm Ohlins dengan Elecktronic Racing Suspension, Fully adjustable, dengan travel : 120 mm.
  • Suspensi belakang menggunakan Single Shock Ohlins Electronic Suspension, fully adjustable, dengan travel : 120 mm.
  • Rem depan memakai cakram ganda hidrolik berdiameter 320 mm, 4 kaliper piston, Unified Brake System, ABS (Anti-lock Breaking System).
  • Rem belakang menggunakan cakram tunggal hidrolik berdiameter 220 mm, Unified Brake System, ABS (Anti-lock Breaking System).
  • Ukuran ban depan 120/70 ZR17 M/C (58W) & ban belakang 200/55 ZR17 M/C (78W).
      3. MESIN
  • Kapasitas 998cc,  4 Cylinder, DOHC, 4 Tak, 16 Katup bersistem pendinginan cairan (Liquid Cooled).
  • Diameter x langkah : 79 mm x 50,9 mm.
  • Perbandingan rasio komprehensi 13 : 1.
  • Power maksimal yang dihasilkan  : 147.1 kW (200 PS) / 13500 rpm dengan torsi maksimal 112.4 Nm (11,5 kgf.m) / 11500 rpm.
  • Transmisi sistem : Constan Mesh, 6 kecepatan.
  • Sistem bahan bakar Fuel Injection System.
  • Sistem pengapian dengan TCI (digital).
  • Sistem starter hanya ada 1 yakni dengan Electric Starter.

Harga Yamaha YZF R1M 2023:

  • Harga Baru                          Rp. 812.000.000
Harga diatas merupakan perkiraan sehingga harganya bisa brubah sewaktu waktu. Baca juga artikel menarik lainnya lagi yang juga rasanya bagus untuk kalian yang tersedia di blog motorcomcom ini seperti tentang: